Api Rahasia di dalam diri

Sekilas cerita berkenaan api rahasia di dalam diri yang mesti dinyalakan melalui laku mengadakan Homa Dyatmika di dalam tubuh.

Ritual tubuh ini sangat penting dilakukan, sebab kemajuan spiritual seseorang sangat bergantung pada seberapa besar nyala api tersebut dapat dikobarkan pada tungku api rahasia diri yang disebut Nabhi..Olehnya hal yang pertama dilakukan agar nyala api rahasia atau Gni Rahasya itu menyala hebat, yakni dengan menempatkan Hyang Nadhiswari, Hyang Mahakala dan Hyang Mahadewa pada tiga tempat rahasia di sudut pahoman atau tungku rahasia tersebut.

Maka, penempatan ini akan membentuk Kamala Mandala yang menyerupai bentuk segitiga, dan di dalamnyalah api rahasia tersebut siap dinyalakan..Api rahasia ini sangatlah halus, dan tatkala menyala maka api ini akan dapat membakar segala kekotoran batin dan racun-racun yang dibawa oleh makanan. Pun demikian tiga jenis penyakit, seperti Adidaiwika (fisik), Adibautika (mental) dan Adyatmika (penyakit spiritual) akan dibakar oleh api halus yang memenuhi tungku api sampai menjadi abu.

Kemudian, nyala api yang halus akan naik melalui Sanghyang Tri Nadi/Tri Wreti, dan ketika api ini melewati tiga nadi tersebut maka nafas akan semakin deras, kuat, pelan dan dalam sehingga aliran darah pun turut menjadi deras serta cara kerja organ akan baik–seimbang..

Setelah api itu menyala dan naik melalui Tri Wreti/Nadi, maka persembahkanlah pada api kayu bakar yang menumpuk pada tubuh. Ada tiga tumpukan kayu bakar di dalam tubuh, yakni sifat-sifat dari Satwa (keterikatan akan kebaikan), sifat dari Rajah (hal-hal yang berhubungan dengan emosional) dan Tamah (hal-hal yang berhubungan dengan kebodohan). Dan, semua itu mesti dihaturkan pada Gni Rahsya yang menyala hebat.

Setelah tumpukan kayu bakar diri dipersembahkan, maka tuangkan pada tungku api dalam diri berupa daun persembahan, yakni berupa karma atau tindakan, biji-bijian atau kekeruhan hati, dan buah dari segala pala karma atau hasil tindakan yang kita lakukan, baik dalam pikiran, ucapan dan tindakan.

Ketika semua telah terbakar, maka semakin jernilah kobaran atau nyala api tersebut–merambat naik pula dengan halusnya melalui Tri Wreti/Nadi..Selanjutnya abu dari hasil pembakaran itu mesti dihanyutkan melalui Tirtha Amertha yang ada pada mangkok kepala yang belum terbuka.

Olehnya, tatkala semuanya sudah terbakar maka mangkok kepala mesti dibuka dengan cara rahasia melalui dua lubang hidung kiri dan kanan serta tuntun Tirtha ini untuk menghanyutkan abu sisa hasil pembakaran, dan lantunkan Puja Dyatmika sehingga Tirtha bisa sampai di tengah nyala api yang berkobar.

Sebelum homa diakhiri, maka persembahkan dupa dyatmika, yang nanti akan diceritakan lagi.

 

Api Rahasia di dalam diri

Api Rahasia di dalam diri

Sekilas cerita berkenaan api rahasia di dalam diri yang mesti dinyalakan melalui laku mengadakan Homa

Banyu Pinaruh

Banyu Pinaruh

Rahajeng Purnama dan Banyu pinaruh. (((((ONG)))) Rahayu.Sembari menikmati cahaya bulan purnama sungguh indah menyimak uraian

Bhatara Paramasiwa melakukan yoga yang mahadasyat

Bhatara Paramasiwa melakukan yoga yang mahadasyat

Bhatara Paramasiwa melakukan yoga yang mahadasyat, sehingga dariNya terlahir Gama Tiga Tattwa, yakni Igama, Agama

Didasarkan pada 30 Lontar berbahasa kawi, buku ini membabar hakikat Tantra, hakikat aksara dalam kehidupan, laku Tantra, hingga penyembuhan lewat meditasi aksara, hadir bagi anda yang haus akan ilmu adiluhung warisan leluhur nusantara.

setelah sukses menjadi buku best seller di indonesia pada cetakan pertama, kini telah terbit cetakan kedua dari penerbit JAVANICA. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini