Dasa Aksara Sad Guna

Dasa Aksara-Dasa Guna
~~~~~
Semua batasan tidak akan bisa menjadi penghalang untuk diri terhubung dengan semuanya. Ada jala rahasia yang mengikat jiwa kemudian terhubung dengan jiwa-jiwa lainnya. Jala tersebut berpusat pada pusat hati (hredaya) yang berupa simpul rahasia di mana ada sepuluh nadi yang memberikan daya Guna sehingga jiwa bisa tetap ada pada kungkungannya dan memberi hidup.

Sepuluh Nadi yang terpusat pada hati terhubung pada organ, dan tiga nadi lainnya menempel di tulang belakang dalam simpul spiral yang terhubung. Sepuluh nadi yang terhubung pada organ tersebut adalah jalur keluar masuknya Guna atau kekuatan yang sering disebut Prana. Guna dalam konteks ini berhubungan dengan daya kekuatan yang ada dalam diri. Bahkan Guna disejajarkan arti dan maknanya dengan Siwa-Sakti-Siddhi-Wisesa-Dyatmika.

Untuk bisa memanfaatkan secara optimal Guna tersebut, maka sepuluh nadi dan organ mesti diolah dengan mengkombinasikan angin, air dan udara melalui nafas yang disalurkan lewat dua lubang hidung dan mulut. Nafas juga bisa diakumulasi pada titik tertentu melalui penahanan yang konstan. Pun demikian mengolahnya tentu dengan menarik, menempatkan dan melepas Dasaksara sebagai pasword untuk terhubung dengan nadi, organ dan guna.

Untuk menarik, menempatkan dan melepas maka Dasaksara terlebih dahulu dikenali tempatnya pada sepuluh organ dan hakikatnya sebagai Dasa Guna. Sang menandakan sanunggal, Bang melahirkan bayu, Tang mewujud dalam tingkah laku yang bajik, Ang artinya awak atau diri, Ing menjadi idep, Nang- Mang dimaksudkan jalan aksara yang utama, Sing-Wang sebagai Siwa yang tiada lain kesadaran tanpa batas, dan Yang menjadi Yukti temen atau kesejatian yang sungguh-sungguh.

Dengan demikian Dasaksara sudah pasti laku memanunggalkan Sabda, Bayu dan Idep dalam diri sehingga Guna atau Siwa (kekuatan/energi sadar) sebagai yang utama terejawantah, dan energi inilah sungguh-sungguh hendak dituju bagi pejalan sunyi. Lantas, bagaimana Dasaksara menjadi Dasa Guna dan Dasa Bayu? Akan diceritakan nanti. 🙏💙🙏
~ sandi reka ~
Post. admin Tantra Sastra
#OngRahayu
#TantraSastraNusantara
#Dasaksara
#Dasaguna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Api Rahasia di dalam diri

Api Rahasia di dalam diri

Sekilas cerita berkenaan api rahasia di dalam diri yang mesti dinyalakan melalui laku mengadakan Homa

Banyu Pinaruh

Banyu Pinaruh

Rahajeng Purnama dan Banyu pinaruh. (((((ONG)))) Rahayu.Sembari menikmati cahaya bulan purnama sungguh indah menyimak uraian

Bhatara Paramasiwa melakukan yoga yang mahadasyat

Bhatara Paramasiwa melakukan yoga yang mahadasyat

Bhatara Paramasiwa melakukan yoga yang mahadasyat, sehingga dariNya terlahir Gama Tiga Tattwa, yakni Igama, Agama

Didasarkan pada 30 Lontar berbahasa kawi, buku ini membabar hakikat Tantra, hakikat aksara dalam kehidupan, laku Tantra, hingga penyembuhan lewat meditasi aksara, hadir bagi anda yang haus akan ilmu adiluhung warisan leluhur nusantara.

setelah sukses menjadi buku best seller di indonesia pada cetakan pertama, kini telah terbit cetakan kedua dari penerbit JAVANICA. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini